Ford otonom sedang pengujian




NEW YORK - Perkembangan teknologi saat ini seakan tiada batas, pengaplikasian bisa dimana saja termasuk di dunia automotif. Kita tahu, Google sedang gencar-gencarnya mengembangkan mobil tanpa pengemudi aliat mobil otonom, yang digunakan untuk pemetaan.

Seakan tak mau kalah, pabrikan automotif asal Amerika Serikat merek Ford membuat mobil yang sama namun lebih canggih dari yang dimiliki Google. Seperti dilansir dari TweakTown, Rabu (13/4/2016), pihak Ford saat ini sedang melakukan pengujian mobil canggih garapannya.

Ford melakukan uji coba mobil tanpa pengemudi pada malam hari. Dalam hal ini (malam hari) Ford menggunakan teknologi yang bernama Lidar (radar berbasis cahaya), yang diletakkan di atas mobil.


Perangkat ini akan memancarkan cahaya dan memindai jalanan yang ada disekitar mobil Ford tersebut. Biasanya yang ada mobil otonom kebanyakan mengandalkan sensor kamera dan hanya bisa berjalan siang hari.

Namun berbeda dengan mobil Ford yang ditanami Lidar yang nyatanya mampu berjalan dengan sangat baik pada keadaan minim cahaya sekalipun. Pihak Ford mengklaim bahwa mobil mereka ini mampu berjalan lebih baik daripada dikemudikan oleh manusia.

Anggapan itu tak bisa terlepas dengan kemampuan manusia itu sendiri, apalagi perangkat Lidar juga buatan manusia. Seperti diketahui, manusia memiliki keterbatasan maka dari itu dibantu dengan alat yang berteknologi canggih yang juga buatan manusia.