Para mobil F1 (Foto: AFP)




blanjamobil.com - Jika dibandingkan musim-musim sebelumnya, nampak ada yang berbeda ketika melihat mobil-mobil Formula One (F1) saat ini, yakni lebih sering mengeluarkan percikan-percikan api ketika melakukan laju yang sangat cepat di atas lintasan.

Dengan munculnya percikan-percikan tersebut, mungkin memang akan membuat beberapa penikmat F1 sedikit merasa terganggu. Banyak di antara mereka yang menilai percikan api tersebut keluar, lantaran adanya kerusakan di dalam mobil-mobil F1

Namun tahuka Anda? Hal itu terjadi ternyata bukan faktor yang kebetulan terjadi. Sebab menurut apa yang dipaparkan Direktur Balap FIA, Charlie Whiting, hal itu memang sesuatu yang sebenarnya biasa terjadi.


Penyebabnya adalah gesekan antara piringan titanium yang terdapat di bagian bawah mobil F1 dengan aspal. Jika sebelumnya tak terlalu nampak percikan api, hal itu lantaran di waktu-waktu sebelumnya mobil F1 pelat logam.

“FIA pertama kali bereksperimen dengan piring titanium di Austria pada tahun lalu dalam mobil Nico Rosberg dan Kimi Raikkonen. Perubahan tersebut dilakukan dengan alasan keamanan dengan skid piring titanium dianggap mampu meminimalkan terlepasnya dari pelat logam yang sebelumnya menjadi penopang papan kayu,” jelas Whiting, seperti dikutip dari Sky Sport.

“Terlebih logam itu merupakan jenis sangat berat, sehingga akan menjadi sangat berbahaya jika terlepas dalam sebuah balapan. Menurut pandangan kami kasus terburuk yang akan terjadi ketika logam itu terlepas ada, akan menjadi pemicu kecelakaan yang sangat buruk untuk para pembalap dan juga orang-orang di sekitar lintasan,” lanjutnya.