Di Kiri Atau Kanan?, Ini Dia Cara Mudah Mengetahui Posisi Tutup Tangki Bensin Mobil


Sabtu, 25 Oktober 2016 - 09:00 wib


Jakarta - Apakah Anda pernah melihat orang yang keluar dari mobilnya hanya untuk mengetahui di mana posisi tutup lubang tangki bensin saat di SPBU? Apa jangan-jangan Anda sendiri pernah mengalaminya?



Sebetulnya, cara "udik" tersebut tak perlu dilakukan jika seandainya Anda mengetahui bahwa posisi tangki bensin bisa diketahui dari balik kemudi.

"Kebanyakan orang kalau mau isi bensin clingak-clinguk lihat spion atau bahkan keluar mobil. Sebenarnya enggak perlu repot, bisa lihat dari panel indikator," ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), di Technical Training Center ADM, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (24/11/2016).

Persisnya, tangki bensin bisa dilihat di ikon bensin, yang umumnya ditandai dengan huruf 'E' atau Empty atau 'F' yang artinya Full, dengan jarum atau indikator digital yang menunjukkan sisa bahan bakar.

"Ada yang tanda panah. Kalau posisi panahnya di kiri berarti buat isi bensin ada di kiri, begitu sebaliknya," kata Anjar.

Ada pula yang tidak memberi tanda panah. Jika jenis indikatornya seperti ini, maka bisa dilihat gambar posisi selang.

"Ada kotak tanda stasiun bensin, kalau posisinya di kanan, berarti tangki bensin di kanan mobil. Kalau di kiri, berarti ke kiri," kata Anjar.

loading...


Kemudian, "misteri" lain yang kadang belum diketahui pemilik mobil baru adalah bagaimana cara membuka tutup tangki. Menurut Anjar, tiap model berbeda, yang bisa dilihat dari buku manual.

"Biasanya di kanan dekat panel atau di bawah kursi. Ada juga yang di bawah dashboard," katanya.