Sim Online, E-Tilang Dan Samsat Online Resmi Diluncurkan, Ini Langkah-Langkah Penggunaa Dan Cara Bayar Dendanya !


Sabtu, 17 Desember 2016 - 09:00 wib


- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan tiga aplikasi terbaru, yaitu E-Tilang, SIM online , dan E-Samsat. Tujuannya guna memudahkan dan Memaksimalkan pelayanan publik terhadap masyarakat, khususnya pengguna kendaraan.



Kepala Korlantas Polri Ins pektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto mengatakan, tilang online dijuwudkan sebagai upaya mempersingkat cara penindakan lalu lintas. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan secara profesional, modern, terpercaya, transparan, dan akuntabel.

loading...


"Ini juga untuk menghapus adanya kecurangan dari pihak kami. Jadi semuanya diatur dalam sistem secara online ," kata Agung di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (16/12/2016).

Ditemui di tempat sama, Wakil Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Wakakorlantas) Brigjen Pol Indrajit menjelaskan, tata cara pembayaran E-Tilang dan cara mengajukan SIM ONLINE serta SAMSA ONLINE. Berikut penjelasannya :

E TILANG
Pertama polisi melakukan penindakan, setelah itu memasukan data tilang pada aplikasi, pelanggar dapat notifikasi nomor pembayaran, pembayaran denda tilang dilakukan melalui jaringan perbankan. Usai membayar, barang bukti yang disita bisa diambil dengan menunjukan bukti pembayaran.

Proses selanjutnya, pelanggar tidak perlu hadir di persidangan, nantinya persidangan memutuskan nominal denda tilang. Selanjutnya kejaksaan mengeksekusi amar alias putusan tilang menggunakan aplikasi. Proses selanjutnya, pelanggar tidak perlu hadir di persidangan, nantinya persidangan memutuskan nominal denda tilang. Selanjutnya kejaksaan mengeksekusi amar alias putusan tilang menggunakan aplikasi.

Nantinya, pelanggar akan dapat notifikasi SMS berisi informasi putusan dan sisa dana titipan denda tilang. Terakhir, sisa kelebihan dana dapat diambil di unit kerja bank BRI di seluruh Indonesia.

"Jadi kalau polisi tidak membawa EDC, pelanggar bisa melakukan pembayaran di ATM, e-banking, atau teller bank. Sekarang hanya BRI, tetapi ke depan akan semua bank," kata Indrajit.

Indrajit melanjutkan, jika melakukan pembayaran di ATM atau teller, pelanggar harus berkomunikasi dengan polisi tersebut untuk mengambil bukti yang disita dengan menunjukan slip pembayaran.

"Kalau tidak mau bayar online, bisa juga ikut sidang. Tilang biasa tidak kita hilangkan, tetap ada, jadi tergantung masyarakat saja mau pilih yang mana," kata dia.

SIM ONLNE
Berikut alur pembuatan SIM Online:
1. Pemohon melakukan pendaftaran melalui Web Registrasi SIM Online (http://sim.korlantas.polri.go.id)
2. Pembayaran melalui Teller/ATM/EDC BRI
3. Membawa surat keterangan kesehatan dokter
4. Datang ke lokasi satpas/gerai /SIM keliling yang telah dipilih saat registrasi melalui website
5. Pengecekan data yang telah diinput website
6. Identifikasi dan verifikasi (pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan)
7. Ujian teori dan praktik (untuk permohonan SIM baru dan peningkatan golongan)
8. Penerbitan SIM (jika lulus ujian).

SAMSAT ONLNE
Berikut ini Kegunaan Samsat Online Bagi Samsat dan Masyarakat :
pihak Samsat akan lebih mudah mengetahui dan memproses data kendaraan lewat Samsat Online karena data yang dilihat di layar lebih terupdate secara rutin, dengan itu petugas samsat bisa merealisasi dan menerima permohonan perpajangan pajak sepeda motor udntuk setiap UPT PPD ataupun semuanya. Bagi masyarakat yang terkategori wajib Pajak semakin mudah melakukan cara bayar pajak sepeda motor online karena dapat dikerjakan di kantor bersama samsat di setiap kabupaten dengan syarat masih berada dalam satu provinsi semisal Jawa Timur akan meliputi Sidoarjo, Pasuruan, Bojonegoro, Madiun dan lainnya.

Berikut ini Jenis Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Samsat Online :

Kendaraan bermotor keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun
Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK
Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun
Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal
Berikut tata cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online (PKB) e-Samsat dengan mengunjungi URL resmi e-Samsat Masing-masing :

Jawa Timur http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/
Jawa Barat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
DKI Jakarta http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
Nangroe Aceh Darusalam www.esamsataceh.com
Tips membayar pajak sepeda motor online e-Samsat :

Memilih kota lokasi kendaraan yang terdaftar
Memilih Samsat Awal kendaraan yang terdaftar
Memasukkan Nomor Polisi kendaraan yang bakal dibayar
Memasukkan kode acak yang di layar supaya aman dari ancaman hacker
Sesudah proses data diverifikasi selanjutnya bakal muncul maklumat berapakah nilai pembayaran PKB yang Anda bayar dengan rincian Pokok, denda, bunga dan progresif , SWDKLLJ yang meliputi pokok dan denda serta tertera juga Parkir berlangganan.
Sesudah Anda membayar pajak sepeda motor online maka situs resmi e-Samsat bakal menayangkan identifikasi kepemilikan yang harus diisi meliputi : Nomor Rangka dan Nomor BPKB harus coco datanya, memilih Samsat untuk pengesahan STNK sepeda motor Anda, dan memilih Bank untuk membayar pajak sepeda motor.
Apabila data verifikasi kepemilikan sepeda motor telah sesuai maka situs resmi e-Samsat akan memberikan pilihan lokasi kota dan Samsat untuk pembayaran dan sebagai tempat pengambilan Notice pajak kendaraan.
Cara membayar pajak sepeda motor online adalah memilih berberapa bank yang ditayangkan di layar untuk proses pembayaran PKB dengan beberapa jalan yaitu : Teller, SMS Baking, PPOB, ATM, Internet Banking dan lainnya.
Anda akan memperoleh kode booking pembayaran pajak kendaraan bermotor online yang disebut denga istilah Kode Bayar.
Anda memakai Kode Bayar dari situs resmi e-Samsat Jatim untuk akses sekaligus bayar Pajak Kendaraan Bermotor pada ATM atau di Teller Bank yang dipilih semisal Bank Jatim.
Sesudah transaksi pajak sepeda motor online telah rampung Anda bayar selanjutnya channel Bank bakal menampilkan kode bukti pelunasan transaksi PKB yang diistilahkan sebagai Bukti Bayar, print halaman ini sebagai alat untuk pengesahan STNK 1 (satu) tahunan.
Cara bayar pajak sepeda motor online terakhir adalah Anda lakukan pencetakan Notice PKB di lokasi Samsat dengan kelengkapan KTP Asli, BPKB da STNK dengan batasan maksimum seminggu 7 hari sesudah Anda bayar pajak kendaraan tadi.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Bayar Pajak Motor Online Lengkap.