Inilah Mobil-mobil Listrik Dahlan Iskan yang Membuatnya Jadi Tersangka


Sabtu, 05 Februari 2017 - 09:00 wib


Jakarta - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi tersangka dalam kasus pengadaan mobil listrik. Dahlan ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung sejak 26 Januari 2017.

Kasus mobil listrik yang menjerat Dahlan ini berawal dari kesepakatan tiga BUMN untuk membiayai pengadaan 16 mobil listrik senilai kira-kira Rp 32 miliar. Saat itu PT Sarimas Ahmadi Pratama ditunjuk sebagai pihak swasta yang dianggap kompeten untuk mengerjakan pengadaan tersebut.

Hasilnya adalah mobil city car buatan Dasep Ahmadi yang saat itu dinamakan Ahmadi. Mobil berwarna hijau itu langsung dites Dahlan Iskan dari Depok-Jakarta. Di tengah jalan mobil sempat mengalami mogok.

jual beli mobil jakarta




Akhir tahun 2012, Dahlan memperlihatkan lagi mobil listriknya, kali ini adalah sebuah mobil bergenre sport yang dinamakan Tucuxi, alias si lumba-lumba.

jual beli mobil jakarta

loading...


Dalam perjalanannya, Danet berselisih dengan Dahlan Iskan. Danet menuding mobil buatannya dibongkar dan dijiplak habis-habisan oleh tim pembuat mobil listrik Dahlan Iskan. Dahlan membantahnya.

Hingga akhirnya mobil listrik senilai Rp 3 miliar buatan Danet Suryatama ini mengalami tabrakan saat dites Dahlan Iskan dan Ricky Elson pada 5 Januari 2013 lalu. Dahlan menuding penyebab kecelakaan adalah karena mobil tidak memiliki girboks.

jual beli mobil jakarta


Padahal jika hasil tes berjalan mulus, Dahlan berniat menjual mobil itu seharga Rp 1 miliar. Belakangan mobil menjadi salah satu koleksi di Museum Angkut+ Movie Star Studio di Malang. Kondisi mobil yang hancur dibiarkan begitu saja.

Dahlan tak patah arang membuat mobil listrik. Setahun berikutnya dia memperlihatkan lagi mobil sport Selo dan mobil MPV Gendhis.

jual beli mobil jakarta


Belakangan mobil-mobil listrik mewah ini dikirim ke 6 universitas sebagai pembelajaran. Namun mobil-mobil ini akhirnya disita oleh Kejaksaan Agung.

jual beli mobil jakarta