"Tiger Mobil Listrik" Laris Manis Diminati Masyarakat


Rabu, 15 Maret 2017 - 09:00 wib


Jakarta - Motor listrik roda tiga yang beredar di Solo, Jawa Tengah, cukup menarik untuk disimak. Motor berbanderol Rp 39 juta ini dirakit di Indonesia dengan komponen dan spare part yang didatangkan langsung dari China dan Taiwan.

Berdasarkan data spesifikasi yang Liputan6.com peroleh, motor listrik tiga roda yang diberi nama Tiger ini bisa menampung 3 orang, dengan komposisi 2 penumpang dan 1 driver. Motor ini memiliki dimensi panjang 200 cm, lebar 100 cm dan tinggi 160 cm dengan bobot 100 kg.

jual beli mobil jakarta




Tiger mengandalkan aki kering 60V-20 A (terdiri dari 5 buah aki) jenis Accu Sealed Lead Acid (SLA) ukuran 12 Volt 12Ah atau yang biasa disebut Accu SLA 12/12 sebagai sumber tenaganya. Kendaraan bisa bergerak melalui power motor / dinamo type brushless berkekuatan 800 Watt.

Dibutuhkan daya 150 Watt untuk mengisi ulang baterai. Sebagai catatan, pengisian tidak boleh lebih dari 5 jam. Disebutan, saat baterai terisi penuh, motor listrik ini mampu menempuh jarak hingga 50 km, dengan kecepatan maksimal 40 km/jam dan daya angkut 125 kg.

Motor listrik ini memiliki setir sama seperti motor matik. Rem ada di-handle stang dan kaki. Motor ini bisa maju dan mundur seperti mobil matik dan terdapat pilihan kecepatan, pelan dan cepat.

jual beli mobil jakarta


loading...


Kursi driver bisa maju/mundur sesuai kebutuhan. Spion bisa dilipat seperti mobil dan kaca bagian depan dilengkapi wiper.

Menurut Ezha, penjual motor listrik tiga roda Tiger kepada Liputan6.com, sampai saat ini untuk pemakaiannya tidak perlu SIM, STNK, plat nomor polisi, dan tidak harus membayar pajak kendaraan.

jual beli mobil jakarta


"Green Car Matic ini tergolong kendaraan dengan kecepatan 35 km/jam sehingga tidak memerlukan SIM untuk mengendarainya. Meskipun dipanduan pembuatan SIM kendaraan kategori ini memerlukan SIM D tapi sampai saat ini kebijakan tersebut masih tidak berlaku," katanya.