Fitur Anti Lupa Tempat Parkir Google Maps Resmi Dirilis


Jumat, 28 April 2017 - 09:00 wib


VIVA.co.id – Setelah sempat diuji cobakan dalam layanan aplikasi Google Maps versi beta, maka kini fitur baru yang berguna mengingatkan (menunjukkan) di mana tempat pengguna memarkirkan kendaaraannya telah resmi dirilis secara global, melalui pembaruan aplikasi Google Maps. Dikutip dari halaman resmi Google, disebutkan bahwa layanan di aplikasi Google Maps saat ini tak lagi sekadar menunjukkan bagaimana penggunanya mencapai tempat tujuan saat berkendara, tetapi dengan fitur baru nan canggihnya, Google Maps saat ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan lokasi tempat parkir terakhir kendaraan pengguna.

jual beli mobil jakarta




Penggunaan fitur tersebut sangat mudah. Pengguna Google Maps di Android dan iOS, tinggal menekan gambar titik biru (blue dot) yang menandakan lokasi saat itu.

Saat gambar itu ditekan, Google Maps akan menampilkan berbagai menu. Langsung tekan saja pilihan "Save your parking", kemudian akan muncul titik berwarna hijau bertuliskan "You parked here".

Titik hijau itu akan menjadi pengingat lokasi parkir pengguna. Tidak hanya itu, nantinya pengguna bisa menambah berbagai informasi penting lainnya soal lokasi parkir.

Pengguna juga bisa memasukkan countdown atau waktu tersisa untuk parkir. Bisa saja, pengguna parkir di tempat yang ada batasan waktunya. Nah, saat waktu yang ditetapkan pengguna sudah mau habis, nantinya Google Maps akan memberikan notifikasi.

Selain itu, pengguna juga bisa menjepret lokasi parkir sebagai pengingat lainnya. Tinggal tekan saja titik hijau tersebut, kemudian pengguna bisa memasukan catatan mengenai tempat parkir. Sebagai contoh, pengguna bisa memasukkan informasi seputar di lantai berapa mobil diparkir atau nomor lokasi.

Tentu saja, dengan kehadiran fitur baru tersebut, kita tak perlu khawatir lagi bila lupa memarkikan kendaraan di tempat parkir yang terbilang besar, seperti di mal. Selain informasi lokasi, disebutkan pula bila fitur pengingat tempat parkir di Google Maps, juga menghadirkan informasi penting lainnya, seperti menambahkan catatan, pengingat waktu lamanya kendaraan terparkir, menyimpan gambar lokasi tempat parkir terakhir, serta kemampuan untuk membagikan informasi lokasi tempat parkir kepada teman.