Widih, Di Singapura Beli Mobil Mewah Pakai Vending Machine


Senin, 2 April 2017 - 09:00 wib


Zaman modern kayak sekarang, enggak hanya teknologi yang berubah, tapi juga sistem jual beli. Cara tradisional ketika penjual ketemu pembeli memang masih jadi kebiasaan. Tapi beberapa negara di dunia melakukan inovasi dengan membuat vending machine atau mesin penjual otomatis. Di Indonesia, vending machine masih agak susah dicari. Berbeda dengan di negara maju, vending machine bisa banyak ditemuin di tempat umum. Saking banyaknya, sampai-sampai jual barang yang enggak biasanya. Mereka enggak cuma jual makanan ringan sama minuman aja, tapi ada yang sampai jual mobil. Gimana bisa?

jual beli mobil jakarta




Berbeda dengan di negara tetangga, Singapura. Membeli mobil mewah di negara tersebut kini semudah membeli minuman atau makanan. Tinggal pilih, masukan koin dan tekan tombolnya, tunggu 2 menit, mobil incaran lo sudah ada di depan mata. Yap, di Singapura kini berdiri sebuah vending machine raksasa dan terbesar di dunia. Menariknya, bukan mobil biasa yang dijual, tapi mobil-mobil klasik dan mewah seperti Morgan Plus 4 tahun 1955, Ferrari Dino lansiran 1977, Bentley, Ferrari, dan Lamborghini.

jual beli mobil jakarta


Mesin penjual mobil otomatis tersebut sebenarnya adalah showroom milik Autobahn Motors. Showroom dengan desain futuristik tersebut dikelilingi kaca tembus pandang setinggi 15 lantai, dan udah dibuka Desember lalu. Ada 60 mobil mewah yang dipajang. Dengan desain dari kaca tersebut membuat menara tersebut sangat menarik perhatian. Enggak hanya meningkatkan penjualan tapi juga menarik wisatawan.

jual beli mobil jakarta


Agar bisa beroperasi layaknya mesin otomatis, Autobahn Motors menggunakan Automotive Inventory Management System. Sistem yang mereka buat ini bahkan mengundang ketertarikan pengembang properti untuk mengaplikasikan teknologi yang sama untuk layanan parkir.

jual beli mobil jakarta


Dilansir dari Futurism, General Manager Autobahn Motors, Gary Hong, mengungkapkan pembuatan showroom tersebut dibuat agar penggunaan lahan lebih efisien. Mengingat, luas wilayah Singapura yang terbatas. Selain itu, konsep ini supaya lebih menarik dan beda dengan showroom kompetitor lainnya.

Ide kreatif tersebut muncul saat Hong pergi bersama anaknya ke toko mainan. Disana dia melihat mobil mainan yang dipajang bertumpuk.

jual beli mobil jakarta


Sebenarnya, gedung yang vending machine milik Autobahn Motors bukan satu-satunya di dunia. Bangunan serupa juga ada di Jepang dan Amerika, seperti Carvana, yang memilik beberapa mesin penjual mobil otomatis. Namun, yang dibuat oleh Hong ini adalah yang terbesar dan tertinggi di dunia.